Kamis, 19 November 2015

Twinsnailart Story

Bosen bahas weddingan kita alih topik ke cerita lain aja. Ide postingan ini didapat dari Shally yang mencoba nulis hal lain selain weddingan trus Olip yang ngomongin random thoughts *para cici2 cantik saya pinjem namanya* dan sempet juga curcol di grup blogger.

Tau kan kalo saya dan cimon punya usaha online shop di bidang kuku palsu wedding? tau lah yaa sapa sih yang gak tau *sombong banget minta di toyor*.

Sebenarnya kalo dibilang usaha dari sebelum ada Twinsnailart saya dan cimon emang suka jualan, buat apa sih jualan? ya maklumlah kami ini masih karyawan jadi butuh sampingan untuk jajan dan memenuhi kehedonisan. Kalo kaya di jejaring sosial pernah heboh postingan " Tau kan bedanya lipstick 50rb dan 500rb?" LOLOL. Semakin tinggi gaji kita bukannya semakin saving more tapi lebih banyak lagi keinginan-keinginan daging ini *tobat*.

Beberapa jenis online shop yang pernah kita lakuin contohnya jualan pulsa, tas, baju, skin handphone dan aksesoris hp. Tapi jualanan ini gak pernah bertahan lama. Kendalanya karena kami gak stock barang dan menggunakan sistem dropship.

Karena desakan keinginan yang gak berbanding lurus dengan pemasukan, saya berpikir gimana caranya bisa earn money tapi kita yang bikin sendiri produknya so kita bisa tau kapan produk ready dan estimasi sampai di customer.

Pilih2 usaha yang mau dijalankan itu susah memang, maunya usaha itu sesuai dengan passion kita jadi saat ngejalaninnya juga enjoy. Lupa kapan tepatnya saya suka sekali mantengin instagram beberapa nailartist dan hasil karyanya bikin mupeng. Kebanyakan service yang di berikan berhubungan dengan tema wedding yang sangat saya sukai. Entah kenapa wedding dan nailart merupakan perpaduan yang menarik.

Singkat cerita saya mengambil kursus singkat dengan salah satu nailartist kondang di Jakarta dan sisanya otodidak latihan plus tanya2 dengan beberapa nailartist lainnya. Prosesnya cukup cepat, mulai kursus bulan Mei 2014 dan penjualan perdana ( kupal ) sekitar Agustus-September 2014 ( lupa2 inget ). Puncaknya di Oktober 2014, kami ( saya dan cimon ) menerima cukup banyak orderan ( limited order ) sampe kepusingan sendiri di tambah dengan kegiatan sehari2 kami : kerja kantoran dan kuliah malam. Banyak yang bertanya2 kapan waktu mengerjakan kupal? yaa setelah pulang kuliah tentunya dan di hari2 libur. Berat banget kayaknya? yap berat tapi kami enjoy dan ada kepuasan tersendiri saat customer happy dan puas memakai kupal buatan Twins :)

Kendala2 bukannya tidak ada, banyak kendala yang kami hadapi seperti modal usaha, waktu dan meningkatkan kualitas produk. Seringkali manusia suka melihat di waktu suksesnya saja tapi gak melihat dibalik kesuksesan itu ada harga mahal yang harus dibayar. Menyangkal diri itu hal mutlak di waktu yang sebenarnya bisa istirahat, main, jalan2 malah harus mengerjakan orderan.

Dan sejauh ini, puji Tuhan, usaha online shop Twinsnailart kami ini berjalan lancar dan rata2 customer kami puas dengan hasilnya ( silakan cek testi di IG sis, murni tanpa tipu2 ).

Jadi udah sukses dong sekarang?

Ya jujur saya belum merasa sukses karena masih ada beberapa kendala2 yang kami hadapi karena adanya keterbatasan tetapi saya dan cimon berusaha menjalankan usaha ini sebaik2nya agar setidaknya tetep bisa eksis dan terus berusaha mengembangkannya.

Tujuan saya menceritakan kisah ini sebagai motivasi buat para readers yang mungkin sedang galau akhir2 ini tentang masa depan, karier, jenuh dengan rutinitas di kantor. Ya, salah satu alesan saya membuka usaha adalah supaya bisa bekerja sesuai passion dan bebas dari kantoran. So, kita gausa berandai2 yang tinggi tapi tidak bisa mencapainya, mulailah dari apa yg kita bisa dan kerjakan semampunya. Jujur saya termasuk anak yang penakut dan gak suka mengambil resiko, saya lebih suka mengerjakan daily activity yang sudah pasti. Tapi gimana mau bebas dari kantoran kalo cuma duduk diam dan bisanya mengeluh saja? Yap, action itu penting !. There is no glory without a war ( nyomot darimana nih bahasanya ).

Client : Ms Yanti Rostarina
Client : Ms Rita



Sekian curcol saya di siang ini ( maapkan kalo lagi sok bijak )

Nie



17 komentar :

  1. Wiii.. Keren nie. Gw juga dr dulu pengen bisnis cuma mikir doank. Enak yang produksi sendiri si ya emang. Sukses selalu ya dan semoga bs berkembang sampe elo ga musti kerja kantor lagi.. Hihi.. Good luck!

    BalasHapus
  2. kuku yg kalian bikin tuh emang keren2 bangetttttt tauuuuu ..
    harganya juga masuk akallll ..lope2 dahhhh

    BalasHapus
  3. ^^ sukses selaluuuuuuu nini.. semoga bs berkembang buesar.

    BalasHapus
  4. aaaa ninie,, semangat selalu ya niee.. semoga makin laris maniesss...
    en kalo qt pesen di kasih diskon gede,, hahaha

    BalasHapus
  5. Semangaattt nini.. ^^ ditunggu yaa pesenan kuku2 cantik dari kami.. hihihihi.. >.<
    sukses terooss..

    BalasHapus
  6. Wkwkwkwkkw semangat lembur demi cita2!!! Baek2 jd panda yeh sis ninie

    BalasHapus
  7. Nie, selalu suka sm hasil buatan twinsnailart...nanti aku mau pesen ah buat pake kondangan hehehe :p

    BalasHapus
  8. Semangat nie.. smg nt jg ak bs usaha kecil2an jd ga ktrgantungan cm dr gaji aja. Sukses terus ya nie n twinsnailart ^^

    BalasHapus
  9. waaah Nie, kok ceritanya lebih seru pas d grup yah, lebih meresap dan tergugah gitu. hahaha. Hebat kamu Nie, gw jadi kepikiran mesti punya usaha lain untuk nambahin duit jajan juga.

    Sukses twinsnailart! nanti gw juga pesen yaaa.

    BalasHapus
  10. Nie, seperti yang gue bilang seblmnya, gpp kalo skrg skala kecil2an nantinya akan membesar ya Nie :D
    sukses terus buat usaha Twinsnailartnya yak *ga nyesel pokoknya order kupal di Nie :)

    BalasHapus
  11. Semangat nie.. smg nt jg ak bs usaha kecil2an jd ga ktrgantungan cm dr gaji aja. Sukses terus ya nie n twinsnailart ^^

    BalasHapus
  12. Semoga semakin sukses sampai-sampai ga perlu kerja sama orang lagi ya Nini dan Nana, sukses jadi boss usaha kupal! Hihihi :D

    BalasHapus
  13. sayangnya baru kenal nie pas udah nikah, klo ngga bisa pesen kupal di nie..hehehe next buat acara apa ya pesen kupal lagi?hihihi
    sukses terus niii usahanya semoga makin majuu...hohoho

    BalasHapus
  14. keren nie, masih muda tapi udah punya usaha sampingan yg menghasilkan nie.. saluuuut. :D

    BalasHapus
  15. Seru deh Nie ada bisnis sampingan gini. Gw dr kmren pen bisnis cuma ga tau apa :p Sukses terus ya Nie buat twinsnailart nya.

    BalasHapus

Back to Top